Menu Tutup

Kegiatan Rekreasional Lansia di Pulau Cinta

Berdasarkan amanat Peraturan Gubernur Riau No 69 Tahun 2017 UPT. Pelayan Sosial Tresna Werdha (PSTW) Khusnul Khotimah merupakan salah satu unit layanan yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau. Salah satu tugas dan fungsi unit layanan ini adalah menjalankan program rehabilitasi sosial lanjut usia di dalam panti. Adapun standard rehabilitasi sosial yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Sosial RI No 5 Tahun 2018 bahwa tujuan dari program rehabilitasi sosial agar lanjut usia mampu melaksanakan keberfungsian sosial secara wajar dalam melaksanakan peran, memenuhi kebutuhan, memecahkan masalah serta aktualisasi diri dalam lingkungan sosialnya baik dalam lingkungan keluarga, komunitas/kelompok maupun dalam kehidupan masyarakat.

Untuk menjapai tujuan tersebut, pelaksanaan program pelayanan ini dilakukan dalam beberapa bentuk kegiatan pendukung diantaranya pelayanan konseling, bimbingan mental spiritual, bimbingan vokasional/keterampilan, bimbingan psikososial, rekreasional, home visit, resoalisasi, reintegrasi, bimbingan lanjut dan terminasi. kegiatan rekreasional merupakan kegiatan yang sangat dinanti oleh para lansia.

Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang hanya diadakan sekali dalam setahun. Adapun tujuan dari kegiatan ini untuk memenuhi kebutuhan fisik, mental, spiritual dan sosial lansia yang berdampak pada kematangan emosional sehingga menciptakan perasaan nyaman, bahagia, kebersamaan dan toleransi terhadap sesama lansia maupun kepada petugas pemberi layanan. 

Kegiatan rekreasional diadakan dalam  bentuk permainan, kuis, perlombaan yang mendorong agar lansia bergerak aktif secara fisik, menguatkan daya ingat dan bekerja sama. Kegiatan ini sering dilakukan di luar ruangan (Outdoor)  dan biasanya memilih area tempat-tempat wisata. Dipenghujung tahun 2020 misalnya, kegiatan ini dilaksanakan di lokasi wisata Pulau Cinta yang terletak di desa Taratak Buluh Kabupaten Kampar. Berbagai perlombaan diadakan seperti lomba menangkap bola, lomba berjoget dan lain sebagainya. Tidak hanya perlombaan antar lansia, perlombaan ini juga melibatkan pramulansia, perawat dan  ASN sehingga tercipta suasana gembira dan kebersamaan.