Menu Tutup

Kegiatan Jalan Santai dan Gotong Royong Bagi Lansia

JALAN SANTAI DAN GOTONG ROYONG SEBAGAI BENTUK KEGIATAN BIMBINGAN FISIKBAGI LANJUT USIA DI UPT. PSTW KHUSNUL KHOTIMAH TAHUN 2021

Pada Awal tahun 2021, UPT. PSTW Khusnul Khotimah mengadakan kegiatan gerak jalan santai dan gotong royong di lingkungan panti. Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari bimbingan fisik dalam program rehabilitasi sosial. Terlihat para lansia sangat berantisias mengikuti kegiatan ini karena sejak virus covid-19 menyebar dengan pesat pada awal tahun 2020 kegiatan bimbingan fisik ditiadakan. Dengan alasan menjaga kondisi kesehatan dan mengurangi kontak antar sesama lansia.

            Sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Sosial No. 5 Tahun 2018 tentang Standar Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Pasal 16 menjelaskan bahwa bimbingan fisik merupakan kegiatan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan jasmani lansia. Sebelum pandemi Covid-19 kegiatan ini dijadwalkan pada setiap hari Sabtu yang mana para lansia diajak untuk melakukan senam lansia yang dipimpin oleh instruktur senam. Selama pandemi kegiatan senam ditiadakan. Dengan diadakannya kegiatan jalan santai dan gotong royong di lingkungan UPT, para lansia sangat bersemangat dan berbahagia.

            Selain jalan santai dan gotong royong, bentuk lain dari bimbingan fisik bagi lansia adalah latihan kedisiplinan dalam mengikuti kegiatan-kegiatan lainnya. Selain itu bimbingan untuk menjaga kebersihan kamar dan asrama tempat tinggal lansia. Gerakan menyapu, mengelap, membersihkan tempat tidur bahkan membersihkan taman diyakini mampu melatih rangka, otot dan syaraf para lansia agar tetap aktif dalam bergerak. Kegiatan ’outbond’ atau rekreasional juga merupakan bagian dari bimbingan fisik program rehabilitasi sosial bagi lansia.